“Jika kamu tidak mau mengambil risiko, kamu tidak bisa berkembang. Jika kamu tidak bisa berkembang, kamu tidak bisa menjadi yang terbaik. Jika kamu tidak bisa menjadi yang terbaik, kamu tidak bisa bahagia.” - Les Brown
Keluar dari zona nyaman, merupakan sebuah pengambilan keputusan yang cukup sulit. Namun berbekal motivasi dari sana sini, akhirnya berani untuk mengambil resiko. Demi sesuatu yang baru demi sebuah perkembangan.
Dua bulan mengajar di tempat yang baru, sebagai guru tentu ingin memberikan yang terbaik kepada siswanya. Berbekal pengetahuan yang didapat dari pelatihan-pelatihan yang kuikuti, aku ingin menerapkannya di kelasku yang baru ini. Ulangan yang menyenangkan.
Bagaimana membuat ulangan harian bukan lagi suatu yang menegangkan, tetapi menjadi menyenangkan. Menggunakan Quizizz adalah pilihan. Membuat sebuah perubahan tentu bukan perkara mudah. Bagaimana perubahan itu bisa diterima harus dipikirkan masak-masak. Belum lagi menjelaskannya ke siswa. Bismillah, jika tidak mencoba bagaimanalah bisa berkembang.
Awalnya memang sedikit ragu, karena biasanya Quizizz dimainkan siswa menggunakan telepon pintar. Untung saja selalu ada inovasi. Quizizz mode kertas bisa dicoba. Persiapan pun dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan ulangan harian. Materi ulangan sudah diberikan kepada siswa terlebih dulu. Soal sudah dibuat, tinggal membuatnya dalam bentuk kuis. Dengan teknologi AI (Artificial Intelligence), pembuatan soal dari isian menjadi pilihan ganda pun jadi lebih mudah.
Sesuai petunjuk, soal telah selesai dibuat, kertas berisi scan barcode (kode batang) pun sudah dicetak. Tak lupa perlengkapan inti seperti ponsel, laptop, infokus, dan speaker. Sebelum mulai, aku pun menjelaskan cara bermain. Siswa dibagikan kertas berisi kode batang sesuai nama masing-masing. Soal akan ditayangkan ke papan tulis menggunakan infokus. Siswa tinggal memutar kertas sesuai pilihan jawaban yang diinginkan.
Bekal wajib |
Materi ulangan yang sudah diberikan sebelumnya dalam bentuk catatan, aku berikan kembali dalam bentuk tayangan video. Usai tayangan materi dilanjutkan dengan soal ulangan. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal-hal yang belum dipahaminya. Ulangan dimulai, soal pertama ditayangkan. Siswa mulai bermain dengan kertas masing-masing. Aku sudah siap dengan ponsel pintar di tangan untuk segera menscan jawaban tiap siswa. Satu persatu soal diselesaikan siswa dengan ekspresi yang menyenangkan. Tidak seperti ulangan pada umumnya dengan suasana menegangkan.
Tayangan Materi |
Scan Barcode |
Tak terasa ulangan pun dapat diselesaikan semua siswa dengan baik. Usai mengerjakan ulangan, hasilnya bisa langsung terlihat. Kertas yang tadi dipegang siswa kemudian dikumpulkan, untuk selanjutnya diberikan nilai sesuai yang dikerjakan tadi. Alhamdulillah, dibandingkan dengan ulangan tertulis, hasil yang didapat lebih banyak siswa yang nilainya di atas KKM.
Mencoba sesuatu yang baru tidak lagi menakutkan. Semua siswa senang ulangan dengan cara yang sangat baru ini. Sampai-sampai ada siswa yang minta supaya ulangan berikutnya dengan model yang sama. Meski bagi siswa menyenangkan, tidak bagi orang tua yang masih mengagungkan nilai. Padahal, dengan cara baru, siswa mendapat ilmu baru, wawasan baru, serta pengalaman yang baru. Tak apalah, resiko mencoba sesuatu yang baru.
Hanya beberapa saja yang tidak suka dengan perubahan. Tak usah risau, selama siswa menyukai perubahan tersebut dan berdampak baik, yuk cari lagi kegiatan menyenangkan lainnya. Salam inovasi.
Senangnya ... |
semangat ...! |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar