Jumat, 09 April 2021

Menulis, menulis, menulis

 

   

    Anda punya masalah dalam menulis? Susah ide, miskin kosa kata, sulit merangkai kata, susah memulai, bingung mau menulis apa, tidak percaya diri, merasa tulisannya jelek, merasa tulisannya tidak layak dibaca? Itu semua masalah saya.

    Lalu, saya harus bagaimana ya? Beruntung saya bisa gabung di pelatihan belajar menulis, walaupun di gelombang 18, tak ada kata terlambat. Beruntung lagi malam ini, 9 April 2021 saya berkesempatan mengikuti materi "Dasar Penulisan" dengan Bu Rita Wati, S.Kom sebagai narasumbernya.

    Dari semua masalah saya tadi di atas, saya dapat solusinya dari bu Rita. Mau tau solusinya? Mau tau, apa mau tau banget ? Solusinya yaitu buang saja semua masalah itu ke laut dan yang harus saya lakukan adalah menulis, menulis, menulis!   

    Sebuah solusi yang membangkitkan semangat saya. Tapi, ada tapinya lho, kalau hendak menulis buku, ada aturannya ya, tidak asal menulis. Yuk, simak pelajaran yang saya dapat malam ini dari ibu Rita. Kalau mau tau lebih lengkap, mampirlah ke tulisan beliau di http://bit.ly/Tips-Agar-Tulisan-Enak-Dibaca   

    Malam ini saya berasa sedang mempersiapkan materi juga buat peserta didik saya di SD Tiara Harapan Jaya, Bekasi. 

A. Unsur-unsur penulisan : 5W1H, yaitu What,Where, When, Who, Why, How. 

Dalam bahasa Indonesia disingkat menjadi ADIKSIMBA (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, BAgaimana), supaya mudah menghapalnya. 

B. Kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis :

  • paragraf yang panjang-panjang
  • tanda baca yang sering keliru
  • penggunaan kata tidak baku
  • kata yang tidak efektif
C. Tips agar tulisan enak dibaca
  • Banyak membaca
  • Terus berlatih menulis setiap hari
  • Perhatikan paragraf pembuka
  • Perhatikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
  • Perhatikan susunan kalimat yang terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK)
  • Selesai menulis, baca naskah berulang-ulang
  • Mengikuti kaidah-kaidah penulisan yang baku
D. Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi penulis pemula :

  • Penggunaan huruf kapital
  • Penggunaan kata depan di
  • Penggunaan tanda seru
    Nah, demikian yang bisa saya ambil dari pelatihan kali ini. Sangat bermanfaat buat saya, semoga buat pembaca juga. Insya Allah akan saya ajarkan juga kepada anak-anak didik saya. 

    Menulis, menulis, menulis ....  Saya suka menulis dan saya mau menulis. 

Nyimak materi sambil menulis. Abaikan tulisannya 😊




Tanggal pertemuan    : 9 April 2021

Resume ke                 : 3

Tema                          : Dasar Penulisan

Narasumber               : Rita Wati, S.Kom

Gelombang               : 18


18 komentar:

  1. Good job bu, mantap rapi sekali resume nya👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu, ibu srlalu terdepan ... terima ksih juga ya, sudah memberitahu blog saya tadi belum dipublikasikan. saking semangatnya hehehe ,,

      Hapus
  2. Saya suka tampilan bloknya yang imut-imut manja sama si kuning. Resumenya menarik dan bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ibu sudah mampir, salam dari yellow star 😁

      Hapus
  3. Trik yang paling jitu saat kita berlatih menulis adalah hendaknya kita menggunakan rumus 5W dan 1H yang terdiri dari what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Atau biasa disingkat dengan istilah ADIKSIMBA (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

    super sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Omjay. Alhamdulillah akhirnya Omjay mampir juga 😊
      Siap lebih baik lagi

      Hapus
  4. Mantul, terus semangat menulis Bu 💪😘

    BalasHapus
  5. Terima kasih ibu, semangat maju semua ...

    BalasHapus
  6. Mantap bu padat dan berisi keep sharing dan writing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu 🙏
      Semoga bisa lebih baik, dan jadi seperti ibu, bisa buat buku solo juga

      Hapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih, sepertinya punyaku yg paling singkat ☺️

      Hapus